Sabina Undangan: Pentingnya Identitas di Foto Produk

02.39

Sudah seringkali kejadian foto-foto produk disalahgunakan. Tidak merasa memiliki dan membuat foto tersebut namun memakainya dengan sesuka hati tanpa mencantumkan sumbernya. Dan yang lebih parah adalah menggunakan foto tersebut untuk melakukan penipuan.



Pernah beberapa kali Admin2 Sabina Pusat Blangko Undangan menemukan ada yang menggunakan foto produk milik Sabina Undangan. Respon Sabina tidak terlalu heboh dengan memberikan banyak pengumuman kalo foto Sabina di pakai orang lain. Apalagi dengan tanpa sadar, mempromosikan akun2 yang menyalahgunakan foto2 produk kita. Tetap woles aja. Selalu ada solusi untuk sebuah permasalahan.


Memang era saat ini semuanya bisa dicari di google, apalagi hanya mencari foto. Namun lagi-lagi semua kembali ke ETIKA penggunanya. Tidak perlu mencari siapa yang salah di kondisi seperti ini. Yang bisa dilakukan adalah mengantisipasi sebelum foto-foto produk kita digunakan orang lain, antara lain:

1.       Beri identitas yang lengkap, seperti nama brand/merk, no hape atau pin BBM
2.       Beri watermark ( coba cek di google definisinya J )
3.       Jika memang memungkinkan daftarkan Hak Cipta-nya.

Alasan lain kenapa harus diberi identitas adalah untuk branding bagi produk kita. Kita tidak pernah tahu kemana foto-foto akan berpetualang. Ketika kita upload foto hanya di facebook atau media sosial lainnya, bukan berarti foto kita tidak muncul di tempat lain. Selalu ada kemungkinan dan dari kemungkinan itu rejeki tidak terduga yang biasanya datang.


Jadi, jangan terlalu pede dengan foto-foto produk yang tanpa identitas. Sebagus apapun foto produk yang dipunyai kalo pada akhirnya foto itu tidak mempunyai efek apa2 dan malah disalahgunakan untuk kepentingan orang lain, ya akan percuma saja punya foto bagus.


www.SabinaUndangan.com
Sabina Pusat Grosir Blangko Undangan

Agen dan Distributor, Welcome J 

You Might Also Like

0 komentar